Pengajuan IUPK Eksplorasi

Pengajuan IUPK Eksplorasi

 

 

Persyaratan Pengajuan IUPK Eksplorasi Beserta Luas Wilayah

 

Dalam mendirikan usaha pertambangan tentunya Anda perlu melakukan pengajuan IUPK Eksplorasi. Perizinan tersebut dapat memudahkan dalam pembukaan usaha tambang dan agar usaha terlegalisir serta sah secara hukum.

 

Komoditas usaha pertambangan sendiri terbagi menjadi 5 golongan. Bagi Anda yang berkeinginan untuk membuka usaha tambang, maka Anda perlu memahami pengelompokan komoditas pertambangan terlebih dahulu.

 

Komoditas dalam sektor tambang yaitu mineral radioaktif, mineral logam, mineral bukan logam, batuan, dan batubara. Untuk bisa melakukan pengolahan terhadap komoditas tersebut, Anda perlu melakukan pengajuan izin usaha terlebih dahulu.

 

IUPK merupakan izin usaha dari pemerintah sebagai perpanjangan setelah berakhirnya pelaksanaan kontrak karya yang meliputi kegiatan eksplorasi, penyelidikan umum, dan studi kelayakan berkaitan dengan pertambangan.

 

Pemberian IUPK Eksplorasi berdasarkan permohonan atau permintaan dari BUMN, BUMD, atau badan usaha swasta yang telah memiliki Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus atau terkenal dengan sebutan WIUPK.

 

4 Aspek Persyaratan Pengajuan IUPK Eksplorasi

 

Sebelum memulai usaha pertambangan, pengusaha perlu mempersiapkan banyak hal agar dapat memperoleh izin usaha. Persyaratan untuk memperoleh izin usaha penambangan bagi calon pengusaha yaitu, harus memenuhi 4 aspek berikut:

 

  1. Aspek Persyaratan Administratif

 

Calon pemegang izin usaha perlu mempersiapkan beberapa dokumen antara lain surat permohonan, profil badan usaha, akta pendirian yang bergerak pada sektor usaha pertambangan, serta nomor pokok wajib pajak.

 

Tidak hanya itu, beberapa dokumen lain seperti susunan direksi beserta daftar pemegang saham dan surat keterangan domisili juga penting sebagai syarat untuk mengajukan IUPK Eksplorasi kepada pejabat yang berwenang.

 

  1. Aspek Persyaratan Teknis

 

Calon pemegang izin usaha kemudian perlu mempersiapkan aspek teknis meliputi rencana kerja dan anggaran biaya untuk 1 periode juga bukti pengalaman dalam bidang pertambangan mineral atau batubara sedikitnya 3 tahun.

 

Calon pengusaha tersebut juga harus mempunyai paling sedikit satu orang tenaga ahli dalam pertambangan. Tenaga ahli pertambangan atau geologi tersebut minimal memiliki pengalaman selama 3 tahun.

 

  1. Aspek Persyaratan Lingkungan

 

Pada persyaratan aspek lingkungan, calon pemegang IUPK Eksplorasi hanya perlu menunjukan surat pernyataan untuk mematuhi seluruh regulasi perundang-undangan yang mengatur bidang perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup.

 

  1. Aspek Persyaratan Finansial

 

Bukti penempatan jaminan keseriusan pengusaha dalam melaksanakan kegiatan eksplorasi serta bukti pembayaran nilai konfirmasi dari data informasi hasil lelang WIUPK merupakan beberapa dokumen yang perlu mempersiapkan diri dalam aspek finansial ini.

 

Persyaratan Luas Wilayah Pengajuan IUPK Eksplorasi

 

Sebelum mengajukan IUPK Eksplorasi, Anda perlu mengetahui berapa luas wilayah dan jangka waktu untuk IUPK sesuai dengan kelompok usaha pertambangan. Diatur dalam pasal 83 UU Minerba, berikut luas wilayah IUPK.

 

Pertama, pengusaha mendapatkan luas WIUPK untuk tahap kegiatan eksplorasi penambangan mineral logam sebesar 100.000 hektar. Kemudian untuk tahap operasi produksi penambangan mineral logam akan mendapatkan 25.000 hektar.

 

Kedua, luas satu WIUPK untuk tahap kegiatan eksplorasi penambangan batubara akan mendapatkan luas 50.000 hektar. Sedangkan untuk tahap operasi produksi penambangan batubara pengusaha akan mendapatkan wilayah seluas 15.000 hektar.

 

Selanjutnya, melihat dari jangka waktunya, IUPK Eksplorasi pertambangan mineral legal akan mendapatkan waktu paling lama selama delapan tahun. Sedangkan IUPK Eksplorasi pertambangan batubara akan mendapatkan waktu paling lama tujuh tahun.

 

Lebih lanjut, pengusaha akan mendapatan jangka waktu paling lama dalam pemberian IUPK Eksplorasi tersebut selama 20 tahun dengan perpanjang maksimal hanya 2 kali dan masing-masing selama 10 tahun saja.

 

Selain itu IUPK tidak bisa digunakan untuk pertambangan yang tidak tertera dalam pemberian. Jika melanggar maka akan mendapatkan sanksi. Untuk itu, pemegang IUPK perlu mengajukan izin sementara kepada pihak pemerintah.

 

Mengenal syarat dan luas wilayah IUPK Eksplorasi akan membantu Anda lebih mudah membangun usaha pertambangan. Pengajuan IUPK Eksplorasi juga lebih lancar karena Anda sudah memahami prosedur persyaratan.

 

 

 

Baca Juga :  Jasa pengurusan KITAS

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA : +62 811-1280-842

Email : info@partnerizinku.com